Kamu dan saya, kita akan hidup untuk selamanya

album

Apa arti sebuah band bagi diri kamu? Bagi sebagian orang, band hanya merupakan sebuah hiburan belaka, pemberi nada di tengah kemacetan lalu terlupakan, bahan gosip di tengah kefanaan layar kaca, pengisi akhir pekan dengan datang ke sebuah konser tanpa mengetahui lagu yang mereka bawakan. Bagi orang – orang lainnya, sebuah band lebih dari sekedar sekumpulan orang yang dapat memainkan instrumen dan menyanyikan lagu yang mencerahkan hari. Untuk orang – orang tersebut, sebuah band adalah sebuah bagian dari hidup yang tak dapat terpisahkan. Musik mereka menginspirasikan, dan pada sebuah momen dalam kehidupan, musik dari sebuah band mengubah hidup itu sendiri, memberikan pencerahan dalam hari-hari yang kita lewati, memberikan jalan keluar terhadap tantangan yang dihadapi diri ini. Band, bagi orang – orang seperti itu adalah sesuatu yang religius.

Perjumpaan kita dengan sebuah band yang memberikan arti dalam kehidupan kita, dapat berbeda-beda bentuknya. Terkadang itu datang dalam diri seorang teman yang memberikan sebuah “mixtape” dan selanjutnya mengubah selera musik kita untuk selamanya. Dalam diri orang lain, hal itu datang dari mendengarkan “soundtrack” sebuah film, lalu penasaran akan lagu yang ia dengarkan dalam sebuah skena, untuk kemudian jatuh cinta pada band tersebut. Orang lainnya menjadi religius kepada sebuah band, ketika satu dasawarsa lalu, waktu musik televisi masih merupakan musik televisi, melihat sosok sebuah band yang sejak detik pertamanya mengetahui, bahwa inilah musik yang akan mengubah kehidupannya. Tetapi apapun bentuk perjumpaan pertama kita kepada sebuah band, masing-masing dari kita tahu, kalau band yang kita pilih tersebut telah menerbitkan sebuah harapan baru dalam hati kita.

Band semacam itu menjadi nafas lain dalam kehidupan kita. Setiap saat kita berusaha untuk hidup dengannya, musik mereka telah menjadi suatu adiksi dalam kehidupan kita. Musik mereka kita dengarkan dalam perjalanan menuju tempat aktifitas kita. Di tengah kesibukan sehari-hari, kita masih menyempatkan untuk membuat sebuah “playlist” yang berisikan lagu-lagu yang mengubah kehidupan kita itu. Dalam perjalanan waktu yang tidak bisa dilawan, kita akan mempertahankan keteguhan kita terhadap orang-orang yang mempertanyakan mengapa kita masih mendengarkan musik mereka, ketika semua orang tidak ada yang peduli lagi terhadap mereka. Jawaban semuanya itu hanya satu. Manusia bisa berubah, dan pergi. Jaman bisa berganti dan mengubah hal – hal esensial dalam kehidupan kita. Tapi sesuatu telah pasti dan tidak bisa dirubah. Sesuatu yang definitif mungkin tidak pernah akan berubah untuk selamanya, apapun yang terjadi. Sesuatu itu, adalah momen di mana kita mendengarkan musik dari band yang kita cintai, dan berkata pada diri kita sendiri “Ini adalah musik yang akan mendefinisikan hidup untuk selamanya”. Untuk orang-orang yang dapat berkata seperti itu, kamu dan saya, kita semua akan hidup untuk selamanya.

David Wahyu Hidayat

Untuk semua band yang telah memberikan arti dalam kehidupan saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: